Boat

Jumat, 17 Mei 2013

Klasifikasi & Morfologi Ikan Sembilang



Sembilang
Klasifikasi Ilmiah
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Actinopterygii
Ordo : Siluformes
Family : Plotosidae
Genus : Plotosus
Spesies : Canisus
Ikan Sembilang atau Eel tailed catfish adalah jenis ikan laut yang bentuk tubuhnya menyerupai ikan Lele. Hidupnya pada kedalaman 0-10 meter. Sering dijumpai di daerah pesisir pantai atau laut dangkal. Bentuk badannya panjang tanpa sisik, sirip punggung pertama berduri tajam dekat dengan kepala, sirip punggung kedua bersambung dengan sirip ekor dan sirip dubur. Ikan ini dapat mencapai panjang 134 cm. Tapi pada praktikum kami ikan sembilangnya mempunyai panjang total 64,5 cm. Ikan Sembilang merupakan ikan predator, yang memangsa ikan-ikan kecil, selain itu ikan ini juga memakan hewan-hewan yang hidup di dasar laut yaitu hewan-hewan kelompok gastropoda, moluska dan krustasea. Ikan dewasa dapat hidup sendiri 2atau dalam kelompok kecil.
Pembahasan ikan keseluruhan :
Tanda- tanda khusus yang kami temukan pada ikan yang diamati yaitu terdapat gelembung renang yang berfungsi sebagai Alat bantu pernafasan, Alat hidrostatis dan menyesuaikan tekanan air terhadap tubuh, Sebagai alat pembuat suara, dan Sebagai resonator suara dan tekanan. Fungsi jari-jari lemah pada ikan ikan belanak yaitu sebagai alat peraba.
Pada masing – masing ikan terdapat linea lateralis yang berfungsi untuk menghubungkan kondisi luar tubuh dengan sistem canal yang menampung sel-sel sensori dan pembuluh syaraf. Linea lateralis sangat penting keberadaannya sebagai organ sensori ikan yang dapat mendeteksi perubahan gelombang air dan listrik. Selain itu, linea lateralis juga juga berfungsi sebagai echo-location yang membantu ikan untuk mengidentifikasi lingkungan sekitamya.

1 komentar: