Boat

Jumat, 17 Mei 2013

Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bandeng



Bandeng
Klasifikasi ilmiah
Regnum: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Gonorynchiformes
Familia: Chanidae
Genus: Chanos
Spesies: chanos-chanos
Pada morfologi luar ikan bandeng terdapat bagian – bagian seperti mulut, mata, sirip dada, sirip punggung, lateral line, sirip ekor, sirip perut dan sirip anus (dubur). Jenis sirip ekor bandeng yaitu homocercal sedangkan bentuk ekornya adalah forked. Bandeng memiliki bentuk sisik yang ctenoid atau disebut juga sisik sisir dengan bentuk yang agak persegi. Rumus sirip punggung D. IX – 4; sirip dada P. V – 10; sirip dubur A. 11 – 8; sirip perut V. VI -4. Panjang total ikan 23,4 cm, panjang standard 18,9 cm, tinggi badan 5,2cm. Jumlah lateral line yang kita amati sebanyak 85 sisik. Sedangkan bentuk mulutnya sendiri adalah sub terminal Yaitu letak mulut ikan terletak didekat ujung depan kepala.
Dari hasil pengamatan yang kami lakukan bentuk dari ikan ini adalah torpedo sehingga ikan bandeng ini mampu bergerak cepat atau juga tergolong ikan perenang cepat dan kuat dengan habitat air payau.
Warna tubuh pada punggung berwarna kehitam-hitaman, pada bagian linea lateralis bewarna keperakan dan pada bagian bawah dari linea lateralis berwarna putih. Jari – jari sirip punggung pada ikan bandeng hanya terdapat jari – jari keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar