Jumat, 17 Mei 2013

Klasifikasi dan Morfologi ikan Belanak



Belanak
Klasifikasi Ilmiah
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Osteichthyes
Order : Perciformes
Family : Mugilidae
Genus : Mugil
Spesies : Mugil sp
Seperti pada ikan bandeng pada morfologi luar belanak juga terdapat mulut, mata, sirip dada, sirip punggung, lateral line, sirip ekor, sirip perut dan homocercal tetapi bentuk ekor pada belanak adalah emarginated bukan forked. Sedangkan bentuk sisik pada belanak adalah cycloid Disebut juga sisik lingkaran, mempunyai bentuk bulat, tipis transparan dan mempunyai lingkaran pada belakang bergirigi. Jumlah lateral linenya. Bentuk mulut belanak adalah terminal Yaitu letak mulut ikan terletak diujung depan kepala.
Jari-jari sirip pada ikan belanak dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu jari-jari keras dan jari-jari lemah.
jari-jari keras, tidak beruas-ruas, pejal (tidak berlubang), keras dan tidak dapat dibengkokkan. Seringkali jari-jari keras tersebut berupa duri atau patil dan merupakan alat mempertahankan diri. Jumlah jari-jari keras dinotasikan dengan angka Romawi, walaupun jari-jari tersebut sangat pendek atau rudimenter.
jari-jari lemah biasanya seperti tulang rawan, beruas-ruas dan mudah dibengkokkan. Bentuk jari-jari lemah dapat berbeda-beda, tergantung pada jenis ikan. Jari-jari lemah tersebut kemungkinan sebagian mengeras, salah satu sisi bergerigi, bercabang atau satu sama lain saling berhimpitan. Jumlah jari-jari lemah dinotasikan dengan angka nominal (Anonim,2010).
Dari hasil pengamatan dan pengukuran memilki ciri morfologi yaitu tubuh torpedo (fusiform),dimana bagian anterior agak besar kemudian makin ke posterior makin kecil, bentuk mulut sub terminal, maxillanya berada sedikit dibawah mandibula, memilki bentuk sisik ctenoid dan warna didominasi putih perak dan pada bagian ventral berwarna perak agak ke merah muda. bentuk sirip caudalnya berbentuk Cagak, dan memiliki rumus sirip = D1 IV – VI; D2 V 3-4; A III 5-7; P IV 14-16; V I 12 -14. Pada ikan belanak yang kami amati diperoleh panjang total 16,5 cm , panjang standard 14 cm, tinggi badan 3,3 cm. Linea lateralis terlihat sangat jelas dan berfungsi sebagai indera peraba.